.

Jangan Ikuti Cara Tidur Nyenyak Ini


Tidur merupakan kebutuhan fisik manusia setelah seharian beraktifitas maka tubuh perlu di istirahatkan pada malam hari, namun ada banyak di antara kita yang idak bisa beristirahat dengan nyaman atau nyenyak yang berakibat produktifitas menurun di ari berikutnya karena lelah kemarin masih belum hilang, ada juga yang Insomnia atau kesulitan tidur. 

Tidur Nyenyak - netparents.org


Berikut ini beberapa saran yang bisa anda lakukan agar bisa tidur dengan nyenyak sepanjang malam:

1. Suasana yang tenang dan nyaman.
Saya yakin anda akan menemukan banyak orang yang terlelap tidur di mesjid karena memang tak bisa di sangkal lagi satu satunya tempat paling nyaman di dunia ini adalah mesjid, anda pasti sepakat dengan fakta ini, namun saya tidak menyarankan anda untuk tidur di mesjid nanti malah di usir pengurus mesjid :) 

Cobalah membuat suasana yang tenang dan nyaman di ruangan tempat tidur anda caranya kembali pada diri anda masing masing setiap individu punya kriteria tersendiri untuk memenuhi suasana yang nyaman, ada yang nyaman dengan alunan musik, ada juga yang nyaman dengan tempat yang sunyi, bahkan ada yang lebih nyaman di tempat mandi sambil berendam, carilah sitiasi yang membuat anda nyaman. sampai di sini pahamkan..?

2. Biasakan melakukan sesuatu hal sebelum tidur.

Lakukan sebuah kebiasaan apa saja seperti membaca atau di bacakan cerita, atau cara yang di lakukan Mr. Bean dengan menghitung domba, bisa juga dengan membiasakan diri dengan membaca Surat Al-Mulk bila anda seorang muslim dan ini cara paling jitu, coba deh dan rasakan manfaatnya.

membiasakan diri dengan hal hal tersebut adalah untuk memberi sinyal pada tubuh bahwa waktu istirahat telah tiba horey horey hatiku gembira :D.

3. Tak tidur saat dalam keadaan tegang.

Mata tak akan bisa terpejam bila otak terus aktif memikirkan apa yang telah terjadi, alih alih menjadikan tempat tidur sebagai tempat tidur ternyata banyak di antara kita menjadikan tempat tidus sebagai tempat untuk mengatur strategi untuk esok hari, alhasil strategi belum rampung pagi sudah menyongsong jadi kapan istirahatnya.? ---- keadaan tengan bisa berupa : -marah -cemas 

Jadi tenangkan diri (*1)ambil air wudhu lalu baca Alquran (*2) dan selamat beristirahat.

4. Berolah raga.

Olah raga dengan teratur dapat membantu memperlancar aliran darah sehingga tubuh menjadi lebih mudah untuk beristirahat tetapi usahakan untuk tidak olahraga pada saat menjelang waktu tidur.

5. Jauhi Kafein.

Menkosumsi Kafein entah itu dari kopi, teh , atau makanan ringan menjelang tidur akan membuat tubuh menjadi lemas saat bangun tidur, selain bahaya terhadap gigi karena tak menyikat gigi sebelum tidur. 

6. Jauhi Rokok.

Hasil riset menyebutkan bahwa orang yang merokok lebih rentan insomnia dari pada yang tidak merokok, selain bahaya kesehatan yang mengancam bagi para perokok, bila anda sayang diri dan keluarga serta orang 2 yang anda cintai "JAUHI ROKOK".

7. Jalan kaki di pagi hari.

Masih berhubungan dengan point ke 2 jalan kaki di pagi hari memberi signal pada tubuh kapan waktu tidur dan kawan waktu untuk bangun... melakukan garak tubuh di pagi hari juga dapat melancarkan aliran darah sehingga metabolisme di dalam tubuh tidak terganggu, apalagi banyak diantaranya yang tidur kembali setelah bangun pagi, apa gak kasihan tuh ama badannya..?? monggo di renungkan.

tidurlah nyang nyenyak.... tiduuurrrr..... tiiduuurrr..... :D







Related Posts:


loading...

Artikel Pilihan

loading...