.

Membuat Microskop Dari Web Camera


Ilmu pengetahuan memang tak ada habisnya untuk di bahas karena selalu berkembang dan terus berubah, banyak inovator, ilmuwan menemukan hal baru yang terkadang membuat kita yang ingin menimba ilmu kesulitan untuk mendapatkan hal baru tersebut selain juga harganya yang mahal. salah satunya microskop, coba berapa anggarang yang harus di sediakan untuk bisa memiliki alat ini.? ini menjadi tantangan tersendiri membuat orang orang kreatif berpikir keras mencari alternatif, salah satu yang saya temukan adalah Microskop dari webcamera yang biasa kita gunakan untuk ngobrol streaming atau hangout dengan taman atau keluarga di media online. sebut saja Pandi Dayak seorang creatifator yang membuat microskop sederhana dari webcam yang membut saya tersenyum kagum dengan benda yang ia buat. 

Cara membuat microskop sederhana ini bisa di lakukan oleh siapapun, di buat dari barang bekas yang sebagiannya sudah tidak terpakai lagi di pilih bagian bagian yang hanya di perlukan untuk membuat mmicroskop ini, namun hasil yang di dapat tidak kalah dengan microskop pada umumnya hanya dengan menyambungkan kabel USB pada port USB komputer.

Microskop ini di buat dari bagian barang barang yang sudah tidak di pakai lagi diantaranya :

1. External Webcam Kamera 5 Mp agar gambar yang di hasilkan lebih baik. lebih baik lagi kamera yang ada lampu led bawaan.
2. Kotak bekas Mp3.
3. Roda gear untuk mengatur jarak atau fokus kamera ke objek.
4. Switch on/off yang ada pada mobil mainan untuk menghidupkan lampu led.
5. Lampu led, bisa di ambil dari senter bekas ini untuk penerangan pada objek.
6. Mur, bisa di ambil dari remot mainan.

Langkah selanjutnya adalah merangkai kompenen yang di sebutkan di atas. silahkan berkreasi sendiri :D . pada saat merangkai pastikan anda membalikan lensa kameranya bukan sensornya dan pastikan kamera tersebut manual fokus agar kita bisa mengaturnya sendiri. bisa juga dengan menambah lensa webcam tambahan di depan lensa primer seperti lensa macro atau lensa binacular.

berikut ini penampakanya :





Dan berikut ini adalah hasil tangkapan dari microskop tersebut 

Pixel Monitor Komputer

Urat Bawang Putih.

Hasil tangkapan bisa dilihat langsung di layar komputer tanpa perlu pegal pegal melihat dengan mata satu saat menggunakan microskop manual silahkan berkreasi..

bila ada peratanyaan silahkan menghubungi pembuatnya di kaskus





Related Posts:


loading...

0 Response to "Membuat Microskop Dari Web Camera"

Post a Comment

Artikel Pilihan

loading...