.

Obat Batuk Untuk Ibu Hamil


Kehamilan adalah salah satu moment yang sangat di nanti atau di damba bagi setiap pasangan suami istri, untuk itu selama masa kehamilan atau mengandung, terutama disaat hamil muda tentunya ekstra hati-hati dalam setiap konsumsi makanan dan vitamin untuk daya tahan tubuh demi bayi yang dikandungnya. Ketika  masalah itu tiba seperti sakit atau demam melanda maka kita pun berfikir ekstra hati-hati dalam setiap keputusan dalam langkah mengkonsumsi obat yang akan diminum berhubung adanya  bayi yang ada dalam rahim kita. Ketika demam sembuh biasanya cuaca atau iklim memepngaruhi pada gangguan tenggorokan yang disertai batuk yang cukup lama. Untuk ibu hamil sebaiknya  memilih obat yang aman untuk kandungan dan masa tumbuh kembang bayi. Disini akan ada beberapa cara untuk membantu ibu hamil dalam memilih obat batuk yang aman untuk kandungan dan bayi dalam kandungan terutama obat batuk ALAMI yang banyak sekali manfaatnya bagi ibu hamil. Ada dua jenis batuk yaitu batuk berdahak dan batuk kering atau batuk tidak berdahak.
Wanita Hamil

1.  Obat batuk berdahak alami untuk ibu hamil

Dalam obat batuk berdahak baik yang alami maupun yang kita beli dari apotek ada 2 zat yang terkandung dalam obat tersebut yaitu ekspektoran dan mukolitk. Ekspetoran bermanfaat untuk memudahkan dahak keluar dari paru-paru, dan mukolitik berperan untuk membantu mengencerkan dahak yang kental  dan lengket.
Kedua zat tersebut bisa kita temukan dalam obat batuk alami sebagai berikut :

1. Asam Jawa 
Asam jawa yang ditambahkan dengan gula merah (gula jawa) lalu diseduh dengan air hangat adalah obat batuk  berdahak yang alami dan aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan apabila sipenderita juga mengalami maagh maka bisa mensiasati dengan makan terlebih dahulu. Obat ini selain enak untuk diminum atau kita sebut dengan wedang asem juga efektif sebagai ekspektoran dan mukolitik bagi batuk berdahak, minum 1 gelas 2 kali sehari.

2.  Jahe dan Kencur
Jahe dan kencur adalah merupakan jenis tanaman rimpang yang memiliki sifat sensasi menghangatkan tenggorokan dan melegakan pernafasan. Bahan ini bisa menjadi ekspektoran sekaligus mukolitik untuk meredakan batuk berdahak khususnya yang di alami oleh ibu hamil karena aman untuk di konsumsi.
Pertama hancurkan atau geprek untuk memarkan jahe dan kencur lalu panggang sebentar lalu campurkan kedalam teh manis hangat, untuk tambahan manisnya teh bisa dengan memberikan sedikit madu apabila gula dapat mengganggu kesehatan batuk anda.

3. Bawang Putih
Bawang putih tidak asing lagi dengan berbagai manfaat dan khasiatnya, oleh karena itu salah satu zat mukolitik yang terkandung dalam bawang putih, membantu mengencerkan dahak yang lengket pada tenggorokan. Untuk mengonsumsi bawang putih ini ibu hamil bisa dengan memakan irisan bawang putih dan dicampurkannya pada nasi setiap kali mau makan.

4. Buah Anggur
Buah anggur terutama pada anggur hijau adalah salah satu yang mengandung zat ekspektoran sehingga buah anggur bisa berpfungsi untuk kebaikan kesehatan khususnya pada paru-paru anda. Untuk itu jadikanlah buah anggur ini sebagai cmilan terutama disaat terserang batuk.

Itulah beberapa kutipan obat alami untuk batuk berdahak terutama untuk ibu yang sedang hamil, aman untuk dikonsumsi dan tidak berbahaya untuk janin.

2.  Obat batuk alami untuk batuk kering bagi ibu hamil

      1. Garam
    Seperti yang telah di jumpai zat pada garam yang memang merupakan antiinflamasi dan antiseptik yang mampu mengobati berbabai penyakit juga aman untuk dikonsumsi. Dengan berkumur air garam dipercaya mampu meringankan batuk kering terutama yang diderita ibu hamil. Caranya campurkan garam pada airputih hangat aduk lalu gunakan untuk berkumur.

2. Daun sirih
   Cara pengobatan alternatif lain adalah bisa dengan mencoba  merebus daun sirih bisa ditambahkan dengan beberapa potong jahe, apabila ibu hamil tidak suka dengan rasa air rebusan tersebut bisa dengan memberikan air rebusan gula merah atau madu, lalu  Minum air rebusan tersebut secara teratur, hingga batuk dan gatal pada tenggorokan tidak terasa lagi.

3.   Daun Kemangi
Meski Sebenarnya bahan daun kemangi ini bukan bersifat mengobati hanya bersifat mengurangi saja alangkah baiknya dicoba untuk di jadikan sebagai konsumsi bahan herbal untuk batuk kering karena daun kemangi berguna sebagai antitussive dan dekongestan bisa mengurangi rasa gatal pada tenggorokan batuk kering. Aman untuk di konsumsi bagi ibu hamil. Minum air rebusan daun kemangi ini 3 kali sehari.

4.  Kangkung
Selain sebagai pendamping nasi yang enak kangkung juga mengandung antihistamin yang bisa menenangkan anda dan membuat kondisi ngantuk dan tertidur pulas, sensasi ngantuk akan membuat kita untuk istirahat, jenis sayuran ini bisa dibuat jus atau sebagai lalapan yang siap dikonsumsi kapan saja.

Itulah beberapa jenis obat alami untuk batuk kering yang aman untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil lebih hati-hati apabila mengalami batuk kering karena penekanan yang berlebihan saat batuk akan berpotensi meningkatkan kontraksi pada rahim.

Demikian ulasan beberapa pembahasan mengenai obat batuk untuk ibu hamil. Walaupun anda meyakini beberapa pembahasan kami sebaiknya anda sebagai ibu hamil tetap hati-hati dalam memilah dan memilih obat batuk alami untuk dikonsumsi agar tidak membahayakan dirisendiri dan janin yang sedang dikandungnya. Semoga tetap ada manfaat dari artikel kami dan cepat kembali sehat dari batuk. Aamiin

Related Posts:


loading...

0 Response to "Obat Batuk Untuk Ibu Hamil"

Post a Comment

Artikel Pilihan

loading...