.

Pikir Dulu Sebelum Bicara Bahasa Menunjukkan Kualitas


Bahasa merupakan kebutuhan vital setiap orang dalam bersosialisasi. Melalui bahasa, seseorang mampu mengomunikasikan pemikiran dan keinginannya kepada orang lain. Tidak hanya itu, bahasa juga merupakan alat pencitraan diri seseorang. Bahasa seperti halnya penampilan, it extremely shows who you are and influences what other think who you are. 

"Bahasa yang kita pergunakan adalah penentu kelas kita sebenarnya".

Kecenderungan untuk bicara tanpa berfikir lebih dahulu bisa terwujud lewat banyak cara, kata-kata pedas, merendahkan, menyindir, mengoreksi, atau mengatakan sesuatu yang tidak penting dengan nada yang penyinggung perasaan.
Biasanya itu terjadi ketika pikiran kita sedang reaktif, misalnya bila kita capek, letih, tertekan atau frustasi.
Mungkin ada yg pernah punya pengalaman gk enak itu,,(^__^) 
Kadang ketika menjadi sasaran komentar yang menyakitkan, biasanya akan kita balas dengan beberapa kalimat dan selanjutnya bisa berkembang menjadi pertengkaran atau adu argumentasi yang berujung pada debat kusir.

Sungguh penting diam sejenak tanpa komentar setelah orang lain selesai bicara, agar kita pada gilirannya bisa berfikir sebelum bicara. Yang penting kita mau berusaha bersikap ramah, penuh perhatian, dan tidak menjadikan diri kita sebagai penghalang.

Sadar ato tidak bahwa apa yang diucapkan tidak terlepas dari pengaruh background pendidikan, keseharian, dan habit. Itu cukup membuktikan siapa dirinya, bagaimana kualitasnya di mata orang lain, dan yang terpenting how we should respond it. 

So, to all kind and smart readers, think before you talk 'cause it shows who you are and how good your self quality is. Dan sebagai smart person, tentunyakita ingin dinilai qualified di mata orang lain, bukan?

قَوْلٌ مَّعْرُوفٌ وَمَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِّن صَدَقَةٍ يَتْبَعُهَا أَذًى وَاللّهُ غَنِيٌّ حَلِيمٌ

Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun.” (QS. Al Baqarah: 263)

Semoga bermanfaat dan Stay smart, friend! — 

Related Posts:


loading...

Artikel Pilihan

loading...